10 Cara Cepat Berhenti Merokok Tanpa Harus Melalui Rehabilitas

Cara Cepat Berhenti Merokok Tanpa Harus Melalui Rehabilitas

10 Cara Cepat Berhenti Merokok Tanpa Harus Melalui Rehabilitas. Siapa yang tidak tau Rokok? hampir semua orang pasti tau apa itu rokok. Bantangan ringan yang satu ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita, bahkan rokok ini dapat menyebabkan kematian pada manusia, baik yang menggunakan rokok (perokok) atau orang yang hanya menghisap asap rokok dari rokok orang lain (perokok pasif). Faktanya, di dunia ini ada sekitar 1.174 jiwa meninggal karena rokok dalam 1 harinya. Sumber dari ugm.ac.id.

Maka dari itu, kita sebagai manusia yang ingin hidup sehat, kita harus menghindari asap atau orang yang sedang merokok. Karena semua itu sudah sangat jelas bisa mengakibatkan kanker bahkan kematian. Banyak orang yang sudah sering merokok merasa kesulitan untuk berhenti merokok, itu semua sebab adanya kandungan nikotin yang membuat perokok tersebut ketagihan mengkonsumsinya. Akan tetapi masih ada berbagai cara untuk menghentikan tindakan merokok tersebut. Berikut adalah cara mudah untuk menghentikan merokok tanpa harus ke rehabilitas :

1. Niat dan Tekad yang Kuat

Langkah yang paling awal adalah Niat. Karena niat sangat berpengaruh dengan apa yang akan kita perjuangkan. Jangan kalian lakukan jika kalian masih merasa ragu. Jika kalian masih ragu dalam melakukannya, maka percuma saja.

2. Bergaul dengan Orang yang Tidak Merokok

Cara yang paling simple untuk berhenti merokok adalah dengan bergaul bersama teman-teman yang tidak merokok, walaupun banyak sekali orang dari anak kecil sampai dewasa yang sudah mengkonsumsi rokok akan tetapi masih banyak sekali orang yang tidak mengkonsumsi rokok. Dengan bergaulnya kalian bersama orang-orang yang tidak merokok maka hidup kalian secara perlahan akan terbiasa tanpa adanya rokok. Dan ketika kalian akan merokok, otomatis teman kalian yang ada disekitar pasti akan mengingatkan kalian untuk tidak merokok.

3. Jauhkan Teman Ketika Sedang Merokok

Maksud dari menjauhkan teman disini adalah ketika mereka (teman-teman) sedang merokok, cobalah untuk tidak ikut-ikutan. Pergilah ke tempat bebas asap rokok untuk sementara  sampai rokok yang mereka hisap sudah habis, misalnya kalian bisa pamit ke teman-teman kalian untuk pulang lebih awal, atau kalian bisa pamit untuk pergi ke kamar mandi terlebih dahulu dan lain sebagainya.

4. Mengkonsumsi Coklat Ketika Hasrat Ingin Merokok

Coklat memiliki banyak sekali manfaatnya untuk diri kita, salah satunya adalah untuk menenangkan fikiran kita. Dengan mengkonsumsi coklat, maka fikiran kita yang sebelumnya ingin merokok secara perlahan akan hilang, memang hasrat tersebut tidak langsung hilang, tapi akan hilang secara perlahan-lahan.

5. Mencari Kesibukan

Biasanya orang lain merokok karena adanya waktu santai, maka dari itu perbanyaklah kegiatan kalian agar waktu kalian tidak memiliki waktu untuk merokok. Dengan banyaknya kegiatan yang kalian miliki maka rasa ingin merokok dalam diri kita secara perlahan akan hilang. 

6. Lebih Baik Perbanyak Tidur daripada Nganggur

Salah satu penyebab perokok tidak bisa berhenti merokok karena banyaknya waktu nganggur atau waktu peluang yang kosong. Maka dari itu kalian lebih baik tidur dari pada menganggur atau melamun, karena dengan menganggur atau melamun bisa menjadi pemicu diri kita untuk merokok kkembali.

7. Usahakan Setelah Makan Langsung Menyibukkan Diri

Biasanya perokok akan memiliki hasrat untuk merokok ketika setelah makan. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa menyibukkan diri kalian dengan berbagai kegiatan, misalnya menyuci piring bekas makan, atau yang lainnya. 

8. Mempublikasikan Kepada Teman-teman Bahwa Kalian Berhenti Merokok

Dengan mempublikasikan kepada teman-teman bahwa kalian sudah mulai berhenti merokok akan membuat rasa percaya diri kalian lebih tinggi lagi, selain itu akan membuat kalian merasa malu jika kalian ketahuan merokok lagi oleh teman-teman, hal tersebut yang akan menjadi motivasi dan acuan kalian untuk tidak merokok lagi.

9. Perbanyak Meminum Air Putih

Memperbanyak meminum air putih juga dapat membantu kalian untuk berhenti merokok, karena air putih dapat menghancurkan nikotin dalam diri kita. Selain itu, memperbanyak konsumsi air puth sangat menyehatkan juga bagi tubuh kita, salah satunya memperlancar aliran darah dalam tubuh kita dan masih banyak lagi.

10. Konsisten

Setelah melakukan berbagai hal untuk berhenti merokok, kalian harus konsisten dengan tekad kalian untuk berhenti merokok. Biasanya orang yang bertekad untuk berhenti merokok hanya mampu dalam hitungan hari saja. Itu semua karena mereka tidak konsisten dengan apa yang mereka tekadkan. Cobalah untuk jangan sesekali memegang atau mencoba rokok tersebut walaupun hanya setengah batang. Karena dengan hal tersebut akan membuat kalian ketagihan.

Demikianlah beberapa cara cepat berhenti merokok. Semoga bermanfaat bagi kita dan semoga kita terhindar dari kecanduan merokok dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh rokok, amiin. Baca juga artikel mengenai Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru.

0 Response to "10 Cara Cepat Berhenti Merokok Tanpa Harus Melalui Rehabilitas"

Post a Comment