8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah semangka

8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh. Buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki ukuran yang besar, dengan rasa manis yang dimilikinya membuat banyak orang yang menyukainya. Selain itu, buah semangka ini juga dengan mudah kita dapatkan dengan membelinya di pasar-pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Buah semangka ini juga lebih nikmat dikonsumsi dalam keadaan yang dingin.

Semangka ini adalah salah satu buah-buahan anggota dari keluarga Cucurbitaceae botani yang di dalamnya memiliki banyak cairan yang mengandung banyak vitamin. 1 cangkir dari buah semangka yang dituangkan sama dengan  mengandung 17 % Vitamin A, 21 % Vitamin C, 2 % Zat Besi dan 1 % untuk kekebalan kalsium dalam tubuh kita. Sangat menakjubkan bukan? untuk lebih jelasnya, berikut adalah menfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh :

1. Menyehatkan Jantung

Percaya atau tidak, ternyata buah semangka ini juga memiliki khasiatnya yang sangat berguna sekali bagi kita semua, yaitu dapat menyehatkan detakan jantung kita. Itu semua karena buah semangka memiliki sumber likopen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung pada tubuh kita.

2. Menyehatkan Organ Ginjal

Selain dapat menyehatkan jantung, Likopen ini juga mampu menyehatkan ginjal yang ada di dalam tubuh kita agar tubuh kita mampu menyaring darah, membentuk urine, menjaga keseimbangan air dalam tubuh ataupun yang lainnya.

3. Memperkuat Tulang Tubuh

Selain itu juga, dengan mengkonsumsi buah semangka ini sama saja kita mengkonsumsi susu, karena buah semangka juga dapat memperkuat tulang dalam tubuh kita walaun kandungan kalsium didalamnya tidak sebanyak yang dimiliki oleh Susu.

4. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Melindungi dari radikal bebas disini maksudnya adalah mampu melindungi tubuh dari virus atau kuman yang berasal dari luar tubuh seperti asap debu ataupun asap rokok. Itu semua dapat terjadi karena buah semangka ini mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir dari kuman-kuman tersebut.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dari Berbagai Penyakit

Buah semangka ini mengandung banyak sekali Vitamin C yang salah satu manfaatnya adalah dapat dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dari dari penyakit yang menyerang seperti demam, pilek dan lain sebagainya.

6. Mengurangi Kadar Lemak dalam Tubuh

Bagi kalian yang sedang menjalani program diet, mungkin buah semangka ini akan mampu membantu program kalian, karena buah semangka memiliki khasiatnya dalam mengurangi kadar lemak yang ada dalam tubuh kita. Walaupun tidak se-efektif seperti  olahraga, akan tetapi alangkah baiknya jika kita tetap mengkonsumsinya.

7. Menyehatkan Mata

Buah semangka ini juga dinilai memiliki Vitamin A yang mampu membantu menyehatkan mata kita agar kita lebih terhindar dengan mata "Min" yang penglihatannya sedikit terganggu.

8. Mengatasi Penyakit Sariawan

Penyakit sariawan memang sangat mengganggu sekali, karena kita akan sulit untuk mengkonsumsi makanan. Jika kita tetap memaksakannya maka akan lebih terasa perih. Cobalah untuk mengkonsumsi buah semangka ini agar sariawan yang kalian alami lebih cepat sembuh.

Demikianlah berbagai manfaat dari buah semangka bagi kesehatan tubuh kita. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, dan semoga kalian akan lebih menyukai buah semangka setelah membaca artikel ini. Baca juga artikel mengenai Makanan yang Membuatmu Awet Muda.

Sumber :

http://manfaat.co.id/10-manfaat-buah-semangka-bagi-kecantikan-dan-kesehatan
http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2013/10/manfaat-semangka-bagi-kesehatan-tubuh.html

0 Response to "8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment